Friday, November 22, 2013

Membuat Virtual Machine menggunakan Hyper-V Manager



Haii Bloggers ! Share Our Knowledge kali ini akan membahas tentang ranah infrastruktur. OK, topik kita kali ini adalah tentang "Membuat virtual machine menggunakan Hyper-V Manager" Apa itu Virtual Machine ? Apa itu Hyper-v ? pernah berfikir ingin mencoba "Operating system" tanpa perlu menginstallnya ke komputer kita ? Mau tau lebih lanjut ?

Yuk Share Our Knowledge ^^.


Virtual machine atau mesin virtual, ada yang pernah dengar ? mungkin bagi orang-orang yang bergelut dibidang infrastruktur komputer sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, namun bagi teman-teman yang tidak pernah bersinggungan dengan hal tersebut mungkin tidak pernah mendengar istilah tersebut. virtual machine adalah mesin virtual / "mesin bohongan" yang sebenarnya adalah sebuah perangkat lunak atau software yang bertugas untuk membuat "komputer" atau perangkat komputer virtual dan seolah-olah kita memiliki komputer tersebut didalam komputer yang sudah kita instal software virtual machine tersebut. Banyak sekali software virtual machine yang tersebar di internet namun Share Our Knowledge kali ini akan lebih berfokus kepada software bawaan Windows 8 64bit ini dan bagaimana caranya kita membuat "komputer virtual" menggunakan software tersebut.

Sebelum memulai, bloggers harus memiliki spesifikasi tertentu untuk bisa melanjutkan tutorial ini yaitu
1. Komputer/Laptop beroperasikan Windows 8 64bit / Windows 8.1 64bit
2. Sisa ruang harddisk 50-127 GB 
3. Prosesor yang mendukung virtualisasi.untuk intel bloggers bisa cek disini untuk amd disini


Step 1.

Pastikan teknologi virtualisasi prosesor anda aktif di bios, saat menyalakan komputer / laptop, tekan f2 sampai muncul tampilan bios, lalu cari menu virtualization technology atau yang mirip seperti gambar dibawah ini, dan pastikan pilihan "enabled"


Setelah itu silakan simpan konfigurasi bios dan restart komputer / laptop blogger.

Step 2.

Aktifkan fitur hyper-v di windows 8 64bit / 8.1 64bit anda di programs and features. Ketik dan cari "programs and features" pada windows bloggers lalu pilih turn windows features on or off



Setelah itu klik cari hyper-v dan ceklist semuanya, OK, lalu restart komputer bloggers.



Step 3.

Setelah di restart, silakan bloggers cari "hyper-v manager" di komputer bloggers, tampilannya akan seperti ini.




 Setelah semua persiapan sudah selesai saatnya kita membuat virtual machine :)


Step 4.

Untuk membuah sebuah virtual machine stepnya adalah

1. Pada bagian Before you beggin klik next

2. Ketikkan Nama virtual machine yang akan dibuat semisal "Virtual Machine - 01" jika ingin menyimpan virtual machine bloggers di tempat tertentu silakan checklist pada "store the virtual machine in different location" lalu pilih lokasi penyimpanannya.

3. Pilih generation 1 atau 2 , jika bloggers memilih 2 , maka virtual machine hanya dapat berjalan pada windows server 2012 atau windows 8 64 bit karena pada generasi ke 2 sudah disisipkan fitur-fitur tambahan yang hanya disupport kedua sistem operasi tersebut.

4. Tentukan berapa besar memory(RAM) yang akan digunakan virtual machine bloggers, saran saya adalah tentukan besar RAM sesuai dengan laptop / komputer bloggers yang digunakan lalu dibagi 4 semisal bloggers menggunakan laptop berkapasitas ram 4GB gunakan 1 GB untuk virtual machine bloggers, TAPI, lihat juga spesifikasi minimum sistem operasi yang ingin bloggers gunakan. misalkan bloggers ingin menginstall windows 7 di virtual machine yang akan bloggers buat, maka gunakan minimal 1GB RAM karena windows 7 mengharuskan kita memiliki 1GB RAM untuk menginstall sistem operasi tersebut.

5. Tentukan network adaptor untuk virtual machine bloggers. Karena tutorial kali ini bersifat basic mari kita pilih "not connected" untuk sementara waktu. Namun jika bloggers ingin silakan gunakan network adaptor pilihan bloggers. network adaptor berfungsi sebagai "virtual switch" untuk komunikasi virtual machine kita nanti.

6. Tentukan besaran hardisk yang ingin kita berikan untuk virtual machine kita. jika bloggers ingin menginstal sistem operasi client seperti windows 7, linux OS dan sebagainya, maka 50GB adalah size yang lebih dari cukup untuk menginstal sistem operasi tersebut. namun jika bloggers ingin menginstal sistem operasi server seperti Windows Server 2012 maka minimum harddisknya adalah 127GB

7. Pilih sistem operasi yang bloggers ingin masukkan ke virtual machine jika bloggers memiliki DVD instalasi , silakan pilih install an operating system from a bootable CD/DVD-ROM lalu pilih di drive mana DVD instalasi bloggers berada, jika memiliki file .ISO silakan browse dan tentukan dimana file .ISO bloggers berada. Jika bloggers tidak memiliki file instalasi sistem operasi, silakan lanjutkan dengan memilih "install operating system later"

8. pilih next lalu cek ulang spesifikasi yang sudah di atur tadi. Jika sudah yakin silakan klik finish.

Selamat ! bloggers sudah memiliki virtual machine 





Sampai disini perjumpaan kita kali ini, tunggu artikel berikutnya di Share Our knowledge :)

Keep Share Our Knowledge Ya ^^.



No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA MILIK SAYA, MARI BERBAGI PENGETAHUAN BERSAMA !

wibiya widget